BUSINESS PLAN


Business Plan Ekonomi Kreatif IPS




A. Latar Belakang 

Di era modern ini, perkembangan bisnis di bidang kuliner semakin pesat dan kompetitif sehingga pelaku usaha dituntut untuk berinovasi dalam mengembangkan usahanya. Sudah ada beberapa pelaku usaha yang meraup untung dari bisnis di bidang kuliner. Namun ada juga beberapa pelaku usaha yang bangkrut karena strategi pemasaran yang digunakan kurang tepat dan efektif. Artinya, keberhasilan bisnis di bidang kuliner dalam memenangkan sebpsuah persaingan ditentukan oleh penerapan strategi pemasaran yang tepat dan efektif. Salah satu bisnis di bidang kuliner yang berpotensi untuk berkembang cukup besar dan meraup keuntungan yang tidak sedikit adalah bisnis cheesecake. Cheesecake dikenal sebagai makanan pencuci mulut yang mudah didapatkan di mana saja, mulai dari toko kue yang sudah berkembang dan terkenal sampai dengan penjual online di internet. Seperti yang telah penulis jelaskan di awal bahwa perkembangan bisnis di bidang kuliner semakin pesat dan kompetitif sehingga pelaku usaha dituntut untuk berinovasi dalam mengembangkan usahanya. Begitu juga dengan bisnis cheesecake, tidak hanya sekedar menjual cheesecake tetapi harus membuat inovasi sebagai nilai jual lainnya. My Cheesecake, sebagai salah satu pelaku usaha di bidang kuliner, melakukan inovasi dengan menjual cheesecake in jar. Pada umumnya cheesecake dijual dalam loyang atau dalam kemasan yang besar namun konsumen yang hendak membeli cheesecake biasanya merasa kesulitan membawa cheesecake dengan ukuran besar. Konsumen membutuhkan cheesecake dengan kemasan yang simple, prakis atau mudah dibawa. Oleh karena itu My Cheesecake berinovasi dengan kemasan yang praktis dan mudah dibawa yakni dengan menggunakan toples kaca bening. My Cheesecake berharap agar cheesecake yang dibuat dapat dinikmati di mana saja dan dapat dibawa ke mana saja tanpa perlu khawatir akan tumpah maupun rusak.


B. Struktur Organisasi

Nama usaha : Oreo Cheesecake

Bidang Usaha : Makanan

Nama produk : My Cheesecake

Anggota usaha : Aurel, Ferisca, Heniz, Keyla

Alamat : SMPN 18 MALANG. Jalan Soekarno Hatta No. A-394, Mojolangu,

Kec. Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur 65141.


C. Visi

ingin menjadikan "My Cheesecake" sebagai makanan ringan yang di gandrungi banyak orang seperti remaja, anak-anak, bahkan orang dewasa.


D. Misi

Membuat produk cheesecake oreo dengan kualitas yang baik dan harga terjangkau bagi kalangan masyarakat. 

Bertuju pada kepuasan konsumen

Mengembangkan inovasi-inovasi baik dalam produk maupun pelayanan

Mengembangkan usaha dibeberapa tempat strategis lainnya untuk memperluas usaha.

E. Tujuan

Tujuan yang ingin dicapai dari kegiatan usaha ini adalah: Mempelajari, mendalami dan menanamkan watak yang diperlukan untuk menjadi seorang wirausaha yang tangguh dan sukses sehingga dapat bermanfaat ke depannya dalam dunia usaha.

F. Keunggulan

keunggulan cheese cake ini ialah harganya yang relatif murah dibandingkan dengan cheese cake kebanyakan

G. Analisis Pasar

Analisis pasar diperlukan supaya produk ini bisa terjual, maka dari itu analisis pasar diperlukan untuk mengetahui produk secara detail dengan analisis sebagai berikut :


1. Kekuatan produk

  • Bisa dinikmati oleh semua kalangan
  • Higienis dalam bahan dan proses pembuatan
  • Harga terjangkau
  • Unik dan menarik


2. Kelemahan produk

  • Produk yang bisa dibuat oleh siapa saja
  • Banyaknya pesaing dengan produk yang sama
  • Tidak bertahan lama


3. Peluang

  • Pasarnya sangat luas
  • Menarik perhatian orang yang berlalu lalang
  • Penawaran langsung ke pembeli
  • Tempat jualan yang strategis


4. Harga

Harga cheesecake ini per cup dijual Rp. 8.000.sangat terjangkau


H. Detail Produksi

Peralatan yang digunakan:

  • cup 
  • kompor gas
  • freezer
  • gunting
  • sendok
  • gelas




 Bahan yang digunakan: 

  • oreo
  • keju slice
  • blue band
  • susu
  • maizena

  1. Cara pembuatan:
  2. pertama tama, pisahkan oreo dengan isinya
  3. setelah itu hancurkan biskuit oreo hingga halus
  4. campur oreo dengan blue band agar biskuit tidak pecah pecah
  5. untuk layer ke dua masak susu hingga mendidih dan campurkan dalaman oreo, keju, dan maizena yang sudah di larutkan
  6. setelah itu taburi dengan biskuit Oreo yang sudah di haluskan juga
  7. setelah semua selesai masukkan cheesecake ke dalam freezer dan diamkan selama 6 jam
  8. oreo cheesecake siap di sajikan


I. Keuntungan

Modal: 

stiker 500 × 10pc                   Rp. 15000

oreo 10.000 × 2pcs                Rp. 20.000

susu 6.000 × 2 kotak              Rp. 12.000

blue band 150gr                     Rp. 9.000

maizena 150gr                        Rp. 3.000

keju slice=                              Rp. 12.000

cup+sendok 2.000 ×10pcs      Rp. 20.000

Jadi total pengeluaran modal       Rp. 81.000


Perhitungan keuntungan:

harga jual= Rp.10.000 x 10 cup= Rp. 100.000



J. Penutup

Produk oreo cheesecake ini diharapkan mampu menarik perhatian khalayak ramai untuk membeli sehingga bisa mencapai target sesuai dengan yang diharapkan. Semoga dengan dijualnya cheesecake ini mampu membawa energi positif dan bermanfaat bagi kami (penjual) dan juga pembeli, karena kepuasan pelanggan adalah kebahagiaan kami.


Komentar